BREAKING NEWS

INFO PENTING

ARTIKEL

Regulasi

Rabu, 01 Juli 2015

Pemerintah Launching Program Peningkatan Mutu Pendidikan Islam

Pemerintah Launching Program Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Jakarta (Pinmas) —- Pemerintah Jokowi-JK berkomitmen untuk terus  meningkatkan mutu  pendidikan Islam. Salah satunya adalah dengan menggalakkan program peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan pada madrasah dan pesantren yang dilaunching hari ini, Rabu (01/07) di Aula Kemenko PMK, Jakarta.
Launching program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Agama, Kemenko PMK, dan Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia.  Hadir dalam kesempatan ini, Menko PMK Puan Maharani beserta jajarannya, serta Menag Lukman Hakim Saifuddin, Sekjen Kemenag Nur Syam, serta Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Ishom Yusqi dan jajarannya.

Menag dalam sambutannya menegaskan bahwa pendidikan adalah investasi membangun masa depan. Karenanya, Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam sehingga dapat bertransofrmasi menjadi lembaga pendidikan unggulan dan berkarakter.

Melalui launching program ini, Menag berharap bahwa setidaknya ada tiga bentuk persamaan yang perlu diperjuangkan bersama untuk meningkatkan mutu, daya saing dan relevansi pendidikan madrasah, yaitu: pertama, persamaan dalam regulasi yang menempatkan madrasah pada posisi yang ekuivalen dengan sskolah umum. 

Kedua, persamaan program dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan aspek keadilan serta pemerataan bagi semua anak usia sekolah. Dan ketiga, persamaan anggaran, dengan prinsip bahwa biaya per kepala anak yang belajar di sekolah dan madrasah ditanggung pemerintah, agar tidak ada diskriminasi terhadap anak. 

Selain acara launching program juga diadakan ceramah untuk memperingati nuzulul quran 1436H yang disampaikan oleh mantan rektor UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta Malik Madany. (Arief/mkd/mkd)
 
Copyright © 2016 MK2MA
Shared by